Sunday, June 13, 2010

sistem Perekonomian

Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhannya.
Mengapa harus dipelajari? Ada 3 alasan:
1. Kebutuhan manusia banyak ragamnya, dan selalu bertambah terus tidak ada habisnya. (wants)
2. Sumber daya alam jumlahnya terbatas atau langka. (scarcity)
3. Sumber daya alam sebagian besar tidak bisa digunakan secara langsung. Harus diolah, diubah bentuk, jumlah, dipindahkan, dll. (production)

Limited Resources & Unlimited Wants => Scarcity => Choices => Opportunity Cost
• Needs (from the economic perspective)
– Are objectively undefinable
– Could be a wish, want, or a life-savingnecessity
• Wants
– Desirable things that people wish to have
– People have unlimited wants
• Scarcity
– Occurs when the ingredients (resources) for producing things that people desire are insufficient to satisfy all wants
• What scarcity is NOT:
– It is not a shortage.
– It is not the same thing as poverty
• Recall
– Scarcity occurs when the ingredients (resources) for producing things that people desire are insufficient to satisfy all wants
• Opportunity Cost
– The highest-valued, next-best alternative that must be sacrificed to attain something or
satisfy a want

Ketiganya menimbulkan 4 jenis masalah inti:
1. Saling ketergantungan
Untuk memenuhi kebutuhan yang terkecil sekalipun, setiap manusia tergantung pada orang lain, bahkan beratus atau beribu orang lain.
2. Harga
Keinginan tanpa batas dan kelangkaan sumber daya menimbulkan kebutuhan akan harga. Harga melambangkan nilai kelangkaan suatu barang, dan biasanya menggunakan suatu media yang disebut uang.
Untuk dapat ikut serta dalam proses ekonomi untuk mendapatkan sebuah barang/jasa, seseorang harus memilikikemampuan dan kemauan menggunakan uang yang dimiliki untuk memenuhi harga barang tersebut.
Apa yang terjadi bila seseorang tidak memiliki kemampuan tersebut?
3. Konflik
Konflik terjadi karena kelangkaan sumber daya, menimbulkan persaingan. Kekuasaan, bila diterapkan dengan keras, bisa menyelesaikan konflik ekonomi, tetapi akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang tidak memiliki kekuasaan.
4. Kebebasan
Karena adanya kelangkaan dan konflik, mau tak mau harus diberlakukan aturan. Aturan akan menimbulkan permasalahan terhadap kebebasan.

Dari masalah-masalah diatas akan menimbulkan berbagai masalah yang kita rasakan sekarang seperti : pengangguran, kemiskinan, inflasi, distribusi, krisis ekonomi, kriminalitas, dll.
Sistem untuk memanfaatkan sumber daya alam, atau untuk memberikan barang dan jasa kepada anggota masyarakat disebut SISTEM EKONOMI atau PEREKONOMIAN.

Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas? Jawabannya adalah menggunakan sumber daya (resources).
Karena itu, ekonomi mempelajari:
a. Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya secara penuh dan stabil
b. Bagaimana cara menggunakan sumber daya secara efisien
c. Menyelesaikan konflik yang timbul dalam sistem ekonomi

Dalam proses ekonomi, sumber daya adalah faktor dari produksi. Ada 4 faktor esensial produksi yaitu: kemampuan usaha (enterpreneurial ability), tenaga kerja (labor), modal (capital), dan sumber daya alam (natural resources). Dua yang pertama adalah human resources, dua yang terakhir adalah property resources.
Human Resources
Tenaga kerja (Labor) mengacu pada kemampuan manusia yang digunakan secara langsung dalam proses produksi.
Kemampuan Usaha (Enterpreneurial Ability) mengacu pada penggunaan secara tidak langsung sumber daya manusia.
Sumber daya manusia adalah sumber daya yang langka, karena sumber daya manusia produktif selalu jauh lebih kecil dibanding dengan total populasi, dikarenakan anak-anak, orang tua, cacat, atau orang yang tidak memiliki keahlian, tidak memberikan kontribusi dalam proses produksi.
Property Resources
Sumber daya alam, seperti tanah, air, udara, hutan, mineral, dll. Kualitas sumber daya alam merupakan tanggung jawab semua umat manusia.
Modal (Capital) adalah semua faktor produksi yang dibuat oleh manusia. Termasuk diantaranya bangunan, mesin, kendaraan, peralatan, dll.

Berkaitan dengan sistem ekonomi, ada tiga bentuk sistem ekonomi yang dikenal di dunia ini, yaitu:
1. Sistem ekonomi pasar (Laissez-Faire Economy),
merupakan sistem ekonomi yang berbasis pada kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi, seperti konsumsi dan produksi. Perekonomian akan menentukan titik keseimbangan dengan mengandalkan kemampuan pada sistem harga, yaitu tarik menarik antara permintaan dan penawaran. Keseimbangan harga serta jumlah barang dan jasa dalam perekonomian dibimbing oleh sesuatu yang tidak kelihatan (invisible hand).

2. Sistem ekonomi terpusat (sistem ekonomi sosialis) atau disebut Command Economy,
yaitu sistem ekonomi dimana pemerintah membuat semua kebijakan menyangkut produksi, distribusi, dan konsumsi. Dengan kata lain, dalam sistem ekonomi sosial yang murni, pemerintah mengatur semua aspek kegiatan ekonomi.

3. Sistem ekonomi campuran yaitu gabungan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat. Dalam sistem ekonomi campuran, kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui, tetapi pemerintah ikut campur dalam perekonomian sebagai stabilisator ekonomi dengan memberlakukan berbagai kebijakan fiskal dan moneter.

No comments:

Post a Comment